Apa Itu Teknik Penyuluhan /Penyuluhan..??


  • Pengertian Penyuluhan

Penyuluhan adalah penyampaian pesan kepada masyarakat agar mereka tahu, mau dan mampu melaksanakan isi pesan dalam suasana hubungan tatap muka antara dua kelompok.
Seringkali disebutkan bahwa penyuluhan adalah suatu metode dari bimbingan dengan demikian keberhasilan bimbingan tersebut ditentukan bagaimana penyuluhan itu dilakukan.
Untuk dapat melakukan penyuluhan yang baik penyuluh dituntut untuk menguasai pengetahuan tentang isi pesan yang akan disampaikan serta menguasai keterampilan melaksanakan penyuluhan.
Sedangkan kelompok atau individu yang menyampaikan pesan disebut penyuluh dan yang menerima pesan disebut Klien.

Elemen elemen yang ada dalam penyuluhan adalah penyuluh, klien, pesan dan organisasi penyuluh.

Tujuan utama dari penyuluhan adalah adanya perubahan pengetahuan Sikap dan tindakan dari klien menjadi seperti yang penyuluh harapkan.

  • Metode Penyuluhan


Beberapa metode yang bisa dilaksanakan dalam melaksanakan penyuluhan antara lain:

1. Penyuluhan dengan memperlihatkan gambar
    Penyuluh memperlihatkan gambar yang kontradiktif yaitu gambar jika isi pesan dilaksanakan dan       gambar jika isi pesan tidak dilaksanakan sehingga klien dapat melihat langsung dampak dari pesan     tersebut. Atau penyuluh memberikan gambar yang merupakan urutan suatu kegiatan dan klien             diminta untuk mengurutkan gambar tersebut sehingga menjadi suatu pesan yang disampaikan.

2. Penyuluhan dengan permainan/simulasi/peragaan
    Penyuluh memberikan permainan/simulasi/peragaan yang berkaitan dan berhubungan dengan isi         pesan sehingga klien dapat lebih cepat menangkap maksud dari pesan tersebut.

3. Penyuluhan dengan belajar sambil mengerjakan praktek
    Penyuluh menjelaskan isi pesan secara terperinci dan selanjutnya bersama-sama klien                           mempraktekkan isi pesan tersebut sehingga klien dapat paham dan mengerti apa yang telah                 disampaikan.

4. Penyuluhan dengan memberikan contoh
    Penyuluh menjelaskan kepada klien bahwa apa yang dijelaskan telah dilakukan dan telah                     menunjukkan keberhasilannya dan akan lebih mengena lagi jika klien mendengar langsung dari           orang yang sudah mencoba sehingga klien akan tertarik untuk melakukannya.

5. Penyuluhan dengan keteladanan
    Penyuluh dengan keteladanan ini dilakukan oleh sosok yang dalam kehidupan sehari-hari menjadi       suri tauladan bagi masyarakat disekitarnya, maka masyarakat juga akan tergerak untuk                         mencobanya.

  • Prinsip Dasar Penyuluhan

Untuk dapat berlangsungnya proses penyuluhan dengan baik, ada beberapa prinsip dasar yang
perlu diketahui dan diperhatikan:

A. Niat (intention)
     Hal diatas adalah hal yang paling sederhana namun oenting untuk mengetahuinya. Dalam niat ini        kita harus tahu apayang akan disampaikan kepada klien, dan penyuluh harus tahu dan menguasai        apa yang ajakn disampaikan sehingga akan menambah ras percaya diri kepada penyuluh.

     Hal kedua penyuluh harus tahu siapa dan latar belakang klien yang akan dihadapi sehingga bisa           menentukan metode yang akan dilaksanakan dan penyuluhan bisa berjalan efektif.

     Hal ketiga adalah penyuluh harus menjabarkan secara jelas apa yang ingin dicapai dari                        penyuluhan tersebuit, sehingga bisa dinilai apakah penyuluhan yang dilaksanakan berhasil atau           tidak.

     Hal keempat adalah waktu penyuluhan, penyuluh harus bisa mendapatkan waktu yang tepat                sehingga penyuluhan bisa berjalan efektif selain itu perlu dipikirkan durasi penyuluhan itu sendiri      dengan memikirkan bahwa dengan penyuluhan selama itu maka akan terjadi perubahan terhadap         masyarakat.

B. Minat-perhatian (attention)
     Apa yang disampaiakan hendaklah bisa menarik minat atau perhatian dari klien sehingga pesan          yang disampaikan bisa diterima oleh klien, untuk menarik minat atau perhatian bisa digunakan            panca indera untuk mengadakan hubungan atau kontak, mengenak dan menyesuaikan diri dengan        lingkungan.

C. Tanggapan-pandangan (perception)
     Makna pesan yang disampaikan kepada klien tergantung pada pandangan atau persepsi sasaran.          Bagaimana mereka menafsirkan informasi yang diterima tergantung pada pendidikan, pekerjaan,        pengalaman dan kerangka pemikirannya. Dan hal yang mutlak yang dilakukan oleh penyuluh              untuk menyamakan persepsi antara penyuluh dan klien. Hal ini dapat dilakukan dengan                        mempelajari latar belakang klin dan mengaitkan pesan yang akan disampaiaka dengan latar                 belakang tersebut sehingga bisa dipahami oleh klien.

D. Ingatan (retention)
     Setelah penyuluhan diharapkan klien tetap menyimpan dan mengingat pesan yang telah                        disampaikan untuk itu pesan yang diberikan serta penyampaiannya haruslah menarik.

E. Peran serta (participational)
     Peran serta adalah pelengkap dari semuua prinsip, untuk meningkatkan minat kita bisa                        meningkatkan peran serta pancaindera dan peran serta sasaran, untuk meningkatkan persepsi kita        bisa meningkatkan peran serta sasaran dengan mengadakan diskusi, tanya jawab ataupun hal                lainnya begitu juga prinsip yang lainnya. Hal terakhir yang perlu dilakukan setelah penyuluhan            adalah dengan melakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhsilan dari penyuluhan

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Donor Darah

Apa Itu (WATSAN) Air dan Sanitasi???

SAFFER ACCESS