Apa Itu Teknik Penyuluhan /Penyuluhan..??
- Pengertian Penyuluhan
Penyuluhan adalah penyampaian pesan kepada masyarakat agar mereka tahu, mau dan mampu melaksanakan isi pesan dalam suasana hubungan tatap muka antara dua kelompok.
Seringkali disebutkan bahwa penyuluhan adalah suatu metode dari bimbingan dengan demikian keberhasilan bimbingan tersebut ditentukan bagaimana penyuluhan itu dilakukan.
Untuk dapat melakukan penyuluhan yang baik penyuluh dituntut untuk menguasai pengetahuan tentang isi pesan yang akan disampaikan serta menguasai keterampilan melaksanakan penyuluhan.
Sedangkan kelompok atau individu yang menyampaikan pesan disebut penyuluh dan yang menerima pesan disebut Klien.
Elemen elemen yang ada dalam penyuluhan adalah penyuluh, klien, pesan dan organisasi penyuluh.
Tujuan utama dari penyuluhan adalah adanya perubahan pengetahuan Sikap dan tindakan dari klien menjadi seperti yang penyuluh harapkan.
- Metode Penyuluhan
Beberapa metode yang bisa dilaksanakan dalam melaksanakan penyuluhan antara lain:
1. Penyuluhan dengan memperlihatkan gambar
Penyuluh memperlihatkan gambar yang kontradiktif yaitu gambar jika isi pesan dilaksanakan dan gambar jika isi pesan tidak dilaksanakan sehingga klien dapat melihat langsung dampak dari pesan tersebut. Atau penyuluh memberikan gambar yang merupakan urutan suatu kegiatan dan klien diminta untuk mengurutkan gambar tersebut sehingga menjadi suatu pesan yang disampaikan.
2. Penyuluhan dengan permainan/simulasi/peragaan
Penyuluh memberikan permainan/simulasi/peragaan yang berkaitan dan berhubungan dengan isi pesan sehingga klien dapat lebih cepat menangkap maksud dari pesan tersebut.
3. Penyuluhan dengan belajar sambil mengerjakan praktek
Penyuluh menjelaskan isi pesan secara terperinci dan selanjutnya bersama-sama klien mempraktekkan isi pesan tersebut sehingga klien dapat paham dan mengerti apa yang telah disampaikan.
4. Penyuluhan dengan memberikan contoh
Penyuluh menjelaskan kepada klien bahwa apa yang dijelaskan telah dilakukan dan telah menunjukkan keberhasilannya dan akan lebih mengena lagi jika klien mendengar langsung dari orang yang sudah mencoba sehingga klien akan tertarik untuk melakukannya.
5. Penyuluhan dengan keteladanan
Penyuluh dengan keteladanan ini dilakukan oleh sosok yang dalam kehidupan sehari-hari menjadi suri tauladan bagi masyarakat disekitarnya, maka masyarakat juga akan tergerak untuk mencobanya.
- Prinsip Dasar Penyuluhan
Untuk dapat berlangsungnya proses penyuluhan dengan baik, ada beberapa prinsip dasar yang
perlu diketahui dan diperhatikan:
A. Niat (intention)
Hal diatas adalah hal yang paling sederhana namun oenting untuk mengetahuinya. Dalam niat ini kita harus tahu apayang akan disampaikan kepada klien, dan penyuluh harus tahu dan menguasai apa yang ajakn disampaikan sehingga akan menambah ras percaya diri kepada penyuluh.
Hal kedua penyuluh harus tahu siapa dan latar belakang klien yang akan dihadapi sehingga bisa menentukan metode yang akan dilaksanakan dan penyuluhan bisa berjalan efektif.
Hal ketiga adalah penyuluh harus menjabarkan secara jelas apa yang ingin dicapai dari penyuluhan tersebuit, sehingga bisa dinilai apakah penyuluhan yang dilaksanakan berhasil atau tidak.
Hal keempat adalah waktu penyuluhan, penyuluh harus bisa mendapatkan waktu yang tepat sehingga penyuluhan bisa berjalan efektif selain itu perlu dipikirkan durasi penyuluhan itu sendiri dengan memikirkan bahwa dengan penyuluhan selama itu maka akan terjadi perubahan terhadap masyarakat.
B. Minat-perhatian (attention)
Apa yang disampaiakan hendaklah bisa menarik minat atau perhatian dari klien sehingga pesan yang disampaikan bisa diterima oleh klien, untuk menarik minat atau perhatian bisa digunakan panca indera untuk mengadakan hubungan atau kontak, mengenak dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.
C. Tanggapan-pandangan (perception)
Makna pesan yang disampaikan kepada klien tergantung pada pandangan atau persepsi sasaran. Bagaimana mereka menafsirkan informasi yang diterima tergantung pada pendidikan, pekerjaan, pengalaman dan kerangka pemikirannya. Dan hal yang mutlak yang dilakukan oleh penyuluh untuk menyamakan persepsi antara penyuluh dan klien. Hal ini dapat dilakukan dengan mempelajari latar belakang klin dan mengaitkan pesan yang akan disampaiaka dengan latar belakang tersebut sehingga bisa dipahami oleh klien.
D. Ingatan (retention)
Setelah penyuluhan diharapkan klien tetap menyimpan dan mengingat pesan yang telah disampaikan untuk itu pesan yang diberikan serta penyampaiannya haruslah menarik.
E. Peran serta (participational)
Peran serta adalah pelengkap dari semuua prinsip, untuk meningkatkan minat kita bisa meningkatkan peran serta pancaindera dan peran serta sasaran, untuk meningkatkan persepsi kita bisa meningkatkan peran serta sasaran dengan mengadakan diskusi, tanya jawab ataupun hal lainnya begitu juga prinsip yang lainnya. Hal terakhir yang perlu dilakukan setelah penyuluhan adalah dengan melakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhsilan dari penyuluhan
Comments
Post a Comment